projek robot

Wow !! Inilah 5 Projek Robot Rero Keren Yang wajib Kalian Lihat

Semakin canggih perkembangan teknologi, semakin beragam pula projek robot Saat ini bahkan sekarang banyak aktivitas manusia yang melibatkan robot untuk keperluan membersihkan rumah, bahkan sekarang ada robot untuk melakukan tugas manusia juga, sekarang Ilmu robotika bukan hanya di bangku kuliah saja lho, Saat ini juga ada kursus membuat robot sederhana untuk anak anak usia dini, bahkan saat ini dikalangan anak anak usia dini maupun mahasiswa juga memiliki banyak kompetisi di bidang robotik.

Robot Rero menjadi salah satu robot yang bagus untuk edukasi ataupun pembuatan projek robot untuk bermain maupun terapi untuk mereka yang memiliki penyakit parah.

Baca Juga:https://iyra-indonesia.id/2022/06/27/wow-5-keseruan-yang-ada-di-roboland/

Mengapa ? karena untuk pembuatan projek robot rero ini hanya perlu menghubungkan slot pada bagian bagian part untuk perakitannya menggunakan slot konektor, Rero sendiri memiliki bagian sensor yang cukup lengkap, seperti sensor ultrasonik untuk mendeteksi jarak dan sensor suara untuk mendeteksi suara dan masih banyak lagi, untuk komponen elektrikal penggeraknya menggunakan part yang berbentuk blok yang dapat diubah menjadi motor ataupun servo sesuai yang kita butuhkan.

Untuk memprogramnya ada 2 cara yaitu memprogram langsung dari motherboard atau melalui software yang disediakan, robot ini memiliki 2 software yaitu rero animator untuk program animasi gerakannya dan rero planner untuk penempatan program animasi pada program untuk diinstalkan pada mainboardnya.

Nah berikut ini adalah 5 projek robot rero yang wajib kalian coba untuk pembelajaran robotik kalian.

Robot Rero Puppy

projek robot

Pada robot ini komponen penggeraknya menggunakan 4 blok servo yang kita ubah menjadi motor untuk penggeraknya dan 1 blok servo untuk ekor, 4 blok servo untuk kaki, dan 1 servo untuk kepalanya lalu kita juga menggunakan sensor suara yang terdapat pada kepala dari robot rero ini, selain itu kita menambahkan sensor ultrasonik pada kaki depannya yang kanan dan kiri.

Untuk gerakan dari robot ini ketika sensor sensor nya mendeteksi sesuai program yang dibuat, maka robot ini akan bergerak layaknya hewan peliharaan yang sedang bermain.

Baca Juga:https://iyra-indonesia.id/2022/07/07/kampong-robot/

Robot Rero Kalajengking

projek robot

Projek robot rero yang selanjutnya berbentuk kalajengking, untuk robot ini kita menggunakan 2 blok servo yang diubah menjadi motor, dan 4 servo unuk penggerak ekornya, serta 2 servo untuk capitnya pada projek robot ini kita juga menambahkan ultrasonik sensor pada ekor dan kepalanya.

Untuk gerakan dari robot ini ketika ultrasonik sensor yang ada pada kepalanya mendeteksi objek, maka si robot ini akan mundur dan mencari jalan lain untuk dilewati, sedangkan bila ultrasonik sensor yang ada di ekornya yang mendeteksi objek maka ekor robot ini ini akan bergerak layaknya kalajengking saat lagi menyengat untuk perlindungan diri ketika tanpa sadar bersentuhan.

Projek Robot Rero King Kong

projek robot

Pada projek yang satu ini kita menggunakan 9 servo, 6 untuk tangan, 2 untuk kaki, dan 1 untuk kepala serta menggunakan sensor suara yang terletak pada kepalanya yang kita gunakan sebagai pemicu untuk memulai program yang telah diinstall pada mainboardnya.

Gerakan dari projek rero yang satu ini sangat unik karena ketika sensor suara tadi merespon suara maka robot ini akan bergerak dengan cara berdiri tegak dengan tangannya lalu mengayunkan diri ke depan dan kembali ke posisi semula.

Baca Juga:https://iyra-indonesia.id/2022/06/27/3-evolusi-teknologi-robotik/

Robot Rero Laba Laba

projek robot

Untuk projek yang selanjutnya ada robot rero yang kita rakit berdasarkan bentuk laba laba, pada bentuk yang satu ini kita menggunakan komponen penggerak berupa servo sebanyak12 blok servo yang digunakan untuk kakinya, 6 servo pada kaki kanan dan 6 servo lagi pada kaki kiri.

Sedangkan untuk mengaktifkan robot ini kita harus menekan motion yang telah ditentukan gerakan dari robot ini kita buat mirip laba laba, dengan awalan 2 kaki kanannya yang depan dan belakang diangkat dan 1 kaki kiri yang tengah, lalu dibuat maju kemudian turun lagi dan bergeser ke belakang, begitulah seterusnya hingga program pada mainboardnya dimatikan.

Projek Robot Rero Komodo

projek robot

Untuk projek rero yang terakhir kita mengambil bentuk dari hewan endemik yang terancam punah yaitu komodo, pada bentuk ini untuk komponen penggeraknya kita menggunakan 11 blok servo, 4 servo kita letakkan pada kaki, 2 untuk leher, dan 1 lagi untuk ekor.

Untuk gerakan dari robot ini sangat ciamik karena gerakannya yang sangat mirip dengan gerakan hewan aslinya, ditambah dengan ekornya yang bergerak ke kanan dan kiri saat berjalan membuat robot ini tampak lebih keren dan lucu.

Baca Juga:https://iyra-indonesia.id/2022/07/07/rumah-robot-banten-tempat-robotic/

Nah itu dia 5 projek robot rero keren yang wajib kalian coba, yang dirakit di Kampong robot indonesia.

Gimana keren kan !? pasti kalian penasaran dan tertarik untuk mengunjungi Kampong Robot dan melihat langsung kerennya projek robot rero yang lain, serta merakit langsung robot rero dengan bentuk yang kalian suka.

Tunggu apa lagi, kaka tunggu ya kehadiran kalian di Kampong Robot !!!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *