robot humanoid

inilah 5 Robot Humanoid Tercanggih Untuk Bantu Pekerjaan Sehari-hari

robot humanoid
Robot humanoid (photo/youtube)

Teknologi jaman sekarang sudah semakin canggih, para ilmuwan bahkan telah menciptakan banyak robot humanoid yang mampu menggantikan tugas-tugas manusia, tentu saja, ini adalah kabar baik dan kabar buruk, karena dengan bantuan robot, tugas manusia dapat sedikit dikurangi, dengan bantuan robot pun, tenaga manusia juga berkurang, di beberapa negara, tenaga kerja manusia tidak lagi dipekerjakan di industri tertentu, mereka menggunakan robot untuk melakukan tugas yang biasanya dilakukan oleh manusia.

Menurut kutipan dari beberapa sumber, berikut beberapa robot humanoid yang dapat membantu manusia dalam bekerja.

1. NAO Next Gen

Humanoid

Robot humanoid kecil yang lucu ini dibuat oleh Aldebaran, juga telah menjadikan NAO Next Gen sebagai robot platform terbuka, yang memungkinkan para peneliti dan pakar robotika untuk mengembangkan NAO Next Gen sendiri, robot ini dapat digunakan sebagai alat pembelajaran untuk membuat robot humanoid yang lebih canggih.

Aldebaran adalah prosesor Intel Atom dengan kecepatan clock 1,6 GHz, NAO Next Gen, memberikan “otak” yang cukup kuat untuk melakukan proses multitasking komputer. NAO Next Gen sendiri dapat melakukan berbagai tugas seperti memotret objek dengan dua kamera berkualitas HD, kedua kamera dapat mengambil gambar subjek dalam gelap.

Selanjutnya, robot mini ini dilengkapi dengan teknologi bernuansa yang dikatakan mampu menerjemahkan suara menjadi perintah. NAO Next Gen tidak hanya dapat memahami suara, tetapi juga dapat mengenali bentuk dan orang.

2. Kawada HRP-4

Humanoid

Robot humanoid Kawada HRP-4 memiliki derajat kebebasan (DOF) yang tinggi yaitu mencapai 34, oleh karena itu HRP-4 dapat dengan mudah melakukan berbagai gerakan sulit seperti mengangkat benda, menari seperti manusia, setiap lengan HRP-4 memiliki DOF 7, memungkinkannya bergerak cukup bebas, bahkan mengangkat benda berat hingga 0,5 kg.

Dengan tinggi 1,5 meter dan berat 39 kilogram, robot Kawada ini dapat berbicara, memahami, dan mengenali berbagai objek, hebatnya lagi, robot ini bisa memutar kepalanya untuk mencari suara, semua ini dimungkinkan berkat prosesor Intel Pentium M yang mampu melakukan komputasi dengan kecepatan clock 1,6 GHz.

Baca juga: https://iyra-indonesia.id/2022/06/20/inilah-5-manfaat-belajar-robotic/

3. Robothespian Humanoid

Humanoid

Robothespian dirancang sebagai pemandu museum dan robot pendidikan rumah. Robot ini sangat pandai berbicara di depan orang banyak serta menambahkan gestur dan ekspresi wajah yang dapat ditunjukkan dengan pencahayaan wajah, Secara khusus, Robothespian dapat melakukan aktivitas rekreasi seperti menari, menyanyi, dan membaca teks, Atrs Engineering Ltd, cara kreator menambahkan lampu LED pada mata dan bagian tubuh layar LCD untuk memberikan kesan perubahan emosional yang kuat.

Robot ini memiliki tinggi 175 cm dan berat 33 kg dan dapat dikendalikan dengan mudah melalui internet, Pengguna juga dapat melihat apa yang dilihat robot yang hadir dengan bodi plastik dan bingkai aluminium, gerakan robothespian lebih presisi dan halus dibandingkan robot sejenis lainnya karena memiliki otot yang menggunakan teknologi tabung pneumatik sebagai pengganti motor listrik.

4. Honda ASIMO

Humanoid

ASIMO dinobatkan sebagai robot humanoid terbaik karena derajat kebebasannya jauh melebihi pesaing lainnya yaitu mencapai 57! Hanya jari (4 jari per tangan) yang memiliki DOF 26, Meski tingginya hanya 1,3 meter ASIMO mampu berjalan dengan kecepatan 2,7 km/jam dan berlari dengan kecepatan 7 km/jam, pergerakan ASIMO yang mulus berkat penggunaan sensor gerak dengan teknologi Harmonic Speed ​​Reducer yang mampu menghasilkan suara langkah kaki yang lebih serasi dan konsisten.

Tidak hanya unggul dalam gerakan ASIMO juga dapat mengenali objek bergerak, mengenali suara, serta mengenali wajah dan gestur tubuh, selain itu fungsi dasar yang dapat dilakukan ASIMO antara lain melakukan gerakan senam sederhana dengan seluruh lengan dan kaki, gerakan menyamping, mendorong kereta, membawa tas atau baki.

5. Aldebaran Romeo

Humanoid

Robot humanoid ini tidak hanya bisa ditugaskan untuk merawat orang sakit atau berkebutuhan khusus, tetapi juga bisa memberikan kasih sayang kepada manusia, interaksi Romeo juga sangat natural dan hanya membutuhkan perintah berupa kata-kata atau gerak tubuh Sebagai anggota keluarga yang “baru”, Romeo bisa diajak ngobrol dan curhat.

Aldebaran mengembangkan Romeo memiliki 37 derajat kebebasan, dan dengan bantuan empat jari di masing-masing tangan, Romeo mampu menggenggam, memanipulasi, dan merasakan objek yang disentuh.

Itulah 5 robot canggih yang dapat membantu pekerjaan sehari-hari, semoga artikel ini dapat manambah wawasan kita tentang robotik. gimana, Tertarik dengan robotik?

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *