inilah 4 metode Mudah Belajar Robotik Untuk Anak-Anak

belajar robotik
Peserta Robotic Camp sedang belajar robotik di Kampong Robot

Belajar robotik dan coding tak harus menunggu sekolah tinggi. Sekarang bahkan sudah banyak tersedia tempat belajar robotik dan coding yang bisa dipakai untuk anak-anak. Keterampilan ini juga salah satu yang dibutuhkan anak-anak di masa kini dan masa depan.  

Dengan belajar robotic, anak akan dirangsang untuk berpikir secara sistematis, dan terstruktur, terutama dalam menyelesaikan sebuah masalah. Anak diajarkan mengenai bagaimana strategi tentang cara menyelesaikan sebuah masalah yang dihadapi secara struktur dan sistematis.

“Ini adalah waktu yang sesuai untuk membudidayakan Revolusi Industri Indonesia 4.0 dengan solusi pendidikan holistik kami. Kami percaya akan pengenalan awal dan pendidikan tentang Robotic dan sistem robot untuk anak-anak kita akan lebih mempersiapkan mereka untuk dunia yang lebih cerdas dan terampil di masa depan. Ada 4 cara memperkenalkan robot untuk perkembangan anak, Berikut kami sudah merangkumnya untuk anda.

1. Mampu merangsang kemampuan berpikir sistematis dan terstruktur

Dalam memasuki kehidupan, anak-anak sama seperti orang dewasa akan sesekali menemui berbagai masalah di anak mama pun sudah harus belajar untuk menyelesaikan masalahnya sendiri kehidupannya. melalui berbagai materi pembelajaran yang ada di rumah atau pun yang ada di sekolah.

Proses berpikir anak-anak bisa dilatih untuk semakin sistematis dan terstruktur dengan memperkenalkan dirinya melalui robotik. Walau terkesan sulit jika diberikan kepada anak yang usianya terlalu dini, namun bimbingan dan pendampingan dapat membantu anak untuk melatih kreatifitas dan pola pemikirannya yang baik. 

Ketika diperkenalkan mengenai robotik serta mencoba berbagai keseruannya, ia mampu memicu cara berpikirnya agar lebih berkembang serta dapat menemukan sebuah solusi dengan baik saat sedang menyelesaikan sebuah masalah.

2.Memacu daya imajinasi Ketika sedang merakit sebuah robot

Kemajuan teknologi yang semakin melosot membuat bentuk mainan anak-anak juga mengalami perbedaan, sehingga orang tua tidak perlu khawatir  dengan kemunculan produk teknologi yang cukup sulit berupa robot karena ini bisa menjadi salah satu pilihan mainan. 

Untuk memperkenalkan robotik ke anak-anak, dirinya bisa mendapatkan materi mengenai pembelajaran ini di rumah ataupun sekolahnya. Adanya pembelajaran tentang robotik, secara tidak langsung dapat membantu mereka memperkenalkan dunia teknologi yang semakin maju. 

Bahkan mereka pun bisa merakit robot idamannya sendiri, ini berarti secara tidak langsung anak-anak dapat meningkatkan keterampilan imajinasi dalam merakit sebuah robot. Apalagi perlu diingat ketika merancang sebuah robot, maka perlu pelan-pelan untuk melatih kreativitas.

baca juga: Inilah 5 manfaat belajar robotic dalam bidang pendidikan!

3.Mengajarkan materi yang berkaitan dengan mata pelajaran sekolah

belajar robotic

Mengajarkan ilmu robotik bisa dijadikan pilihan utama untuk mendidik anak sejak dini. Teknologi robotik sebagai program edukasi dan hiburan di sekolah mengajarkan anak didik berbagai materi yang berkaitan dengan mata pelajaran tertentu. Anak mama bahkan mengeksplorasi berbagai mata pelajaran yang bisa dikaitkan dengan teknologi robotik.

Melalui proses materi belajar yang menyenangkan ini, tanpa disadari dapat meningkatkan kemampuan numerik menjadi lebih terasah mudah. Apalagi ini cocok untuk anak mama yang senang pelajaran matematika karena dirinya dapat menggunakan sistem bilangan dan bentuk persamaan atau perbandingan untuk menghitung, mengukur atau mengestimasi berbagai permasalahan tertentu.

Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam juga bisa diterapkan ketika harus menghitung rumus kecepatan, percepatan, gaya hingga beban. Kemudian dari pada itu, beberapa pembelajaran lain seperti komputer juga dapat terasah menyenangkan.

4. Semakin akrab dengan kemajuan teknologi terkini

Melalui pembelajaran anak terhadap robot akan membantu anak-anak untuk lebih akrab dengan teknologi. Terkait beragam manfaat yang bisa dirasakan oleh anak-anak ketika sudah diperkenalkan dengan robot, kini sekolah dasar hingga universitas pun sudah memiliki kurikulum tersendiri. 

“Ini adalah waktu yang tepat untuk memberdayakan Revolusi Industri Indonesia 4.0 dengan solusi pendidikan holistik kami. Kami percaya bahwa pengenalan awal dan pendidikan tentang AI dan sistem robot untuk anak-anak kita akan lebih mempersiapkan mereka dalam dunia yang lebih cerdas di masa depan,

Itulah beberapa manfaat yang bisa dirasakan oleh anak-anak ketika sudah mulai mengenal robot melalui sebuah permainan atau pembelajaran tertentu. Semoga manfaat di atas bisa didapatkan oleh anak-anak ketika sudah diperkenalkan atau diedukasi mengenai robotik sejak dini. 

1 thought on “inilah 4 metode Mudah Belajar Robotik Untuk Anak-Anak”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *