Seru nya belajar Robotic untuk meningkatkan kemampuan anak

By September 30, 2020blogs

Perkembangan Teknologi

Teknologi kini tak lagi awam bagi masyarakat. Hampir setiap hari masyarakat dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat. Mulai dari gadget seperti handphone dan laptop sampai dengan mesin cerdas yang dapat meringankan kerja manusia yang kita sebut dengan robot. Robot merupakan suatu perangkat mekanik yang digunakan untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh manusia. Robot juga dilengkapi perangkat mesin atau komputer baik sederhana maupun kompleks yang mampu mengatur gerakannya.

Sebagian besar masyarakat umum di Indonesia masih beranggapan bahwa robot itu selalu berbentuk layaknya manusia (Type Humanoid). Tidak ada klasifikasi atau penggolongan khusus dalam dunia robot . Hanya saja secara umum robot dibedakan berdasarkan beberapa unsur. Seperti dilihat dari ukuran, alat gerak dan fungsinya. Jika dilihat dari ukurannya, robot ada yang kecil dan ada juga yang besar. Apabila ditinjau dari alat geraknya, ada robot yang berkaki dan ada juga yang beroda. Unsur yang paling penting adalah dari segi fungsi dan kegunaan robot itu sendiri. “Tujuan dan fungsi dari robot itu sendiri pun beragam, ada robot untuk dunia industri, kesehatan, memadamkan api dan lain-lain”,

Apa Manfaat dari belajar Robotic?

Banyak manfaat yang bisa didapatkan anak dengan mengikuti kursus robotik. Selain untuk perkembangan dirinya sendiri, juga berkaitan dengan pemahaman pada mata pelajaran di sekolah. Beberapa manfaatnya, yaitu:

1. Merangsang berpikir sistematis dan terstruktur dalam menyelesaikan sebuah masalah.
2. Meningkatkan kemampuan motorik halus pada anak.
3. Meningkatkan keterampilan imajinasi, karena dalam merancang robot diperlukan kreativitas.

Hubungan kegiatan robotik dengan pelajaran di sekolah:

1. Matematika: penerapan konsep dasar dari aljabar, geometri, teori kemungkinan (probabilitas), dan statistik.
2. Sains: pengetahuan tentang sistem robotika dan pengetahuan fungsi-fungsi sensor dan motor.
3. Komputer: belajar teknik dasar pemrograman.
4. Fisika: penerapan rumus kecepatan, percepatan, gaya, dan beban.

Leave a Reply